Pengertian Dan Perbedaan KBps dan kbps


Halo Sob .. Udah lama Engga Update nih maaf jadi .. Kudet :v .. 
Saat istirahat santai-santai ada beberapa siswa yang bertanya, apa itu KBps dan Kbps ; apa itu bit dan byte? sama ataukah tidak? baik smp maupun smk. Nampaknya mereka penasaran. Mungkin dari tiap hari dijejali iklan iklan dari operator di televisi yang mungkin menurut saya agak menyesatkan…
Jadi begini, KBps dan Kbps merupakan satuan yang berbeda… jadi anda salah besar jika mengira KBps dan Kbps itu sama. Mungkin anda sering melihat iklan – iklan operator seluler yang menawarkan speed dari mulai 512 Kbps hingga 14 Mbps tapi kenapa speed yang kita dapat tidak seperti yang ada di iklan tersebut ? begini penjelasanya
Bit:
bit adalah ukuran terkecil data dalam sebuah komputer. bit biasanya hanyalah merupakan pilihan antara 0 dan 1. Dimana 0 biasanya berarti ‘Off’ dan 1 berarti ‘On’. Pada akhirnya komputer akan mengkombinasikan kedua pilihan tersebut menjadi format digital yang lebih kompleks untuk merepresentasikan data. Istilah bit mulai diperkenalkan oleh seorang statistik terkenal John Tukey pada tahun 1946 saat klian2 yang seumurQ belum lahir tu (bps:bit per second). Jumlah bit yang ditransfer dalam satu detik.
Byte:
Byte adalah merupakan kumpulan beberapa bit (1 Byte = 8 bit ). Byte biasanya merepresentasikan sebuah karakter (Misalkan seperti A, ?, -, dll). Karakter ini bisa berupa huruf, angka ataupun simbol tertentu.Pengertian Byte adalah Satuan yang digunakan untuk menunjukkan kapasitas dalam dunia digital, termasuk komputer, besar file, serta ukuran lain, digunakan dalam satuan byte ini. Informasi yang akan dan yang diolah disimpan di dalam suatu memori.
KBps (Kilobyte per second)
Kbps (Kilobit per second)
Konversi :
1 byte= 8 bit
1 kilobyte= 1.024 byte
1 megabyte= 1.024  kilobyte
1 gigabyte= 1.024  megabyte
1 terabyte= 1.024  gigabyte
1 exabyte= 1.024  terabyte
Jadi kecepatan yang ditawarkan operator di tipi-tipi itu, tinggal kita bagi 8 saja, maka hasilnya adalah speed yang akan kita dapat, contoh
128 Kbps128/8 = 16 KBps
256 Kbps256/8 = 32 KBps
384 Kbps384/8 = 48 KBps
512 Kbps512/8 = 64 KBps
1 Mbps : 1024/8 = 128 KBps
2 Mbps : 2048/8 = 256 KBps
kesimpulannya jika anda misalnya membeli paket internet dengan speed 2 Mbps, maka speed yang akan anda dapatkan adalah maksimal 256KBps. Silakan dibuktikan ketika mendownload file. amati dan saksikan … hehe
atau cek kecepatan di www.speedtest.net
Semoga bermanfaat .. 
Previous
Next Post »

7 komentar

Click here for komentar
2 Juli 2013 11.00 ×

Baru tahu nih sob , lumayan bisa nambah ilmu.

ini juga kunjungan perdana dari http://planetajaib.blogspot.com/

Reply
avatar
2 Juli 2013 11.02 ×

@Ahmad Manurul : Sama Om :3 .. Oke Om :) .. Ane Kunjungi Balik (y) .. Sedang Menuju Ke TKP !

Reply
avatar
2 Juli 2013 11.04 ×

@Daffa Alfian : Makasih Om ! ^_^ .. Jangan Lupa Follow Om
@Jeremia Ferdinand Immanuel Kamagie : Thanks Om ^_^ .. Jangan Lupa Follow Om

Reply
avatar
3 Juli 2013 21.22 ×

ini blog keren juga gan :v http://vautsanxplanvrends.blogspot.com/

Reply
avatar
4 Juli 2013 17.02 ×

@fautsan nextplane : Biasa Aja Gan :3 ..

Reply
avatar

Berkomentarlah Dengan Etika :) .. ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment